Perkenalkan semua..... ini profil saya

Foto saya
Seorang Anik yang belajar menulis (semoga tidak dengan terbata-bata) melalui wahana blog.

12 April 2009

Ketika Mau Ganti Plat Nomor Motor Baru......


Hari Rabu minggu lalu, tepatnya tanggal 08 April 2009, Nik pergi ke Samsat Kabupaten Magelang --yang letaknya antara desa Blondo dan Kota Mungkid-- untuk bayar pajak kendaraan dan re-dokumentasi --alias ganti plat-- yang (akan) habis masa berlakunya tanggal 11 April 2009.
Dengan pe-de, Nik pergi ngurus sendiri. Itung-itung latihan mandiri dalam pengelolaan kebutuhan personal, gitu...
Oia, ini kali PERTAMA dalam hidup Nik ngurus ganti nomor kendaraan. Grogi? tentu.... =D

Jam 10 pagi Nik dah sampai di kantor Samsat. Karena dokumen penunjang yang diperlukan dah disiapkan, langsung Nik pergi ke loket "GANTI NOMOR".
Benar kata Bapak, gak berapa lama dah dipanggil buat disuruh tera. Yang ditera nomor mesin dan nomor rangka kendaraan. Eh... disuruh bayar 10.000 rupiah tapi gak dikasih kuitansi...
Yo Nik agak mbesengut n nggerundel ama petugasnya... tapi tuh petugas bilang, "alah Mbak... biasanya juga gini. Gak usah ribet, deh..."
Enak ae... duit sepuluhribu rupiah per motor kok tanpa kuitansi.... lha kalau sehari ada seratus motor, lak ya petugasnya bisa bunder guendhut coz kebanyaken duit buat makan.....
Next..
Setelah tera, urusan lancar sampai ke penggantian STNK dan pembayaran TNKB. Ndak sampai jam 11 pagi (HAMPIR) seluruh keperluan Nik di Samsat kelar.
Di loket terakhir tinggal nunggu panggilan buat ambil surat pencetakan plat nomor yang baru.
Eng... ing... eng......
TERNYATA oh TERNYATA....
Plat nomor pengganti baru bisa diambil tanggal 02 JUNI 2009 dengan alasan SAMSAT KABUPATEN MAGELANG SAAT İNİ KEHABİSAN MATERİAL PLAT NOMOR.
Weleh...
JUNI oi....JUNI...
Padahal ini baru bulan APRIL.


Iya sih... di STNK-nya dilampirtkan kertas 10x5 cm yang bertuliskan "plat nomor/TNKB sedang dalam proses di samsat kab. magelang sampai dengan tanggal 02 JUN 2009. ttd Kukuh Tirto S Briptu NRP 83051009"
Tapi kan... itu salah satu cerminan amburadulnya manajemen administrasi pemerintahan kita. Mosok sampai ada alasan kayak gitu...

Opo duit buat beli materialnya habis buat nggaji pegawai SAMSAT? atau emang deposit materialnya di indonesia blas ga ada? --yang ini impossible dah, coz pembuat plat pinggir jalan aja masih banyak dagangannya kok-- atau... jangan-jangan...
PEGAWAI SAMSAT NJUALI MATERIAL PLAT ke pembuat plat pinggir jalan sebagai USAHA SAMPINGAN MENAMBAH PENGHASILAN???????????
Wah... jadi suudhon, nih....

Subhanallah............ jadi gemes.

Nik jadi kepikiran nulis di surat pembaca harian nasional, nih...
Yah, semoga aja ndak ada yang dimutasi ke daerah terpencil atau ditangguhkan kenaikan jabatannya, tapi nantinya ada peningkatan kualitan pelayanan.

Nunggunya ga sampai dua bulan, gitu....


Oke deh.. tunggu tanggal mainnya aja ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar